Palangkaraya: Kurban Ajarkan Peduli Sosial

 Berita, Metro Palangkaraya

sapi kurban tribunnews

Idul adha merupakan momenum yang sangat istimewa bagi syiar Islam. Itu karena para jemaah haji yang berada di Tanah Suci melakukan dua ritual besar yakni wukuf di padang Arafah, dan melaksanakan kurban.

Rangkaian ini telah dimulai sejak 9 Zuhijjah. Mereka datang dari berbagai penjuru dunia untuk melaksanakan panggilan haji yang merupakan rukun Islam kelima. Kedua, secara umum seluruh umat Islam sejak setelah hari Arafah juga menggemakan pujian kepada Allah. Juga dilakukan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud ketaatan.

“Di antara hikmah dari penyembelihan hewan kurban yang dilakukan, yakni keikhlasan berbuat dan berkorban dengan harta untuk agama. Pesan ini juga mengandung pendidikan agar kita selalu memupuk rasa keperdulian sosial bagi sesama, terutama kepada mereka yang tidak mampu,” ujar H Abdul Wahid AH.

Dalam khutbahnya setelah Salat Id di Masjid Darul Rahman Jalan Ramin II Palangkaraya, Selasa (15/10/2013), Wahid yang juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalteng menyeru agar umat Islam khususnya jamaah yang hadir menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu meringankan derita mereka yang menjadi korban kebakaran di Pasar Palangkasari dan Kompleks Bengkel Palangkaraya.

(sumber: kalteng.tribunnews.com/2013/10/15/kurban-ajarkan-peduli-sosial)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply